Home    Blogs    Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Wawancara Kerja: Bagaimana Menjaga Kepribadian Anda Selama Proses Seleksi
Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Wawancara Kerja: Bagaimana Menjaga Kepribadian Anda Selama Proses Seleksi

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Wawancara Kerja: Bagaimana Menjaga Kepribadian Anda Selama Proses Seleksi

Tayang: 20 Feb 2023
Dibaca 402 Kali
Wawancara kerja adalah bagian penting dari proses seleksi karyawan, di mana calon karyawan dapat menunjukkan keahlian, pengalaman, dan kepribadian mereka. Namun, kadang-kadang kesalahan dalam wawancara dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam wawancara kerja dan bagaimana menjaga kepribadian Anda selama proses seleksi:

1. Terlalu Menekankan Gaji
Salah satu kesalahan umum yang dilakukan calon karyawan dalam wawancara adalah terlalu menekankan gaji. Jangan memfokuskan perbincangan Anda hanya pada gaji, tetapi cobalah untuk menunjukkan bahwa Anda lebih tertarik pada tugas dan tanggung jawab yang akan Anda jalankan.

2. Tidak Mengetahui Perusahaan
Sebelum wawancara, penting untuk melakukan penelitian tentang perusahaan tersebut. Jangan pernah masuk ke wawancara tanpa mengetahui sedikitpun tentang perusahaan, visi, misi, dan produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Menunjukkan Ketidakprofesionalan
Menunjukkan ketidakprofesionalan seperti terlalu santai, memakai pakaian yang tidak sesuai, atau terlambat datang ke wawancara dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan tampil dengan sopan.

4. Berbicara Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit
Ketika berbicara dalam wawancara, jangan berbicara terlalu banyak atau terlalu sedikit. Cobalah untuk menjawab pertanyaan dengan singkat dan jelas, tetapi jangan takut untuk memberikan contoh yang relevan dan memberikan jawaban yang tepat.

5. Tidak Menunjukkan Kepercayaan Diri
Menunjukkan kepercayaan diri dalam wawancara dapat memberikan kesan positif pada perekrut. Jangan terlalu gugup atau terlihat tidak yakin saat berbicara, tetapi juga jangan terlalu percaya diri sehingga terlihat sombong.

6. Tidak Menyajikan Diri dengan Baik
Pada akhir wawancara, pastikan untuk menanyakan pertanyaan tentang perusahaan dan posisi tersebut. Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk berterima kasih kepada perekrut atas kesempatan yang diberikan.

7. Terlalu Fokus pada Kekurangan Anda
Wawancara bukan waktu yang tepat untuk mengungkapkan kekurangan Anda. Cobalah untuk menunjukkan kelebihan Anda dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi pada perusahaan. Jika ditanya tentang kekurangan Anda, berikan jawaban yang jujur ‚Äč‚Äčtetapi tetap positif dan tunjukkan bagaimana Anda bekerja untuk mengatasi kekurangan tersebut.

8. Tidak Mengikuti Up dengan Baik
Setelah wawancara, jangan lupa untuk mengikuti up dengan perekrut. Kirim email atau pesan untuk berterima kasih atas kesempatan tersebut dan menunjukkan bahwa Anda masih tertarik pada pekerjaan tersebut. Ini dapat memberikan kesan positif pada perekrut dan menunjukkan bahwa Anda sangat tertarik pada pekerjaan tersebut.

Kesimpulannya, wawancara kerja adalah kesempatan besar bagi calon karyawan untuk menunjukkan keahlian, pengalaman, dan kepribadian mereka. Namun, Anda harus menghindari beberapa kesalahan umum yang dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Jaga kepercayaan diri, persiapkan diri dengan baik, dan tunjukkan ketertarikan Anda pada perusahaan dan pekerjaan yang sedang diincar. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, Anda dapat meningkatkan kesempatan untuk berhasil dalam proses seleksi dan mendapatkan pekerjaan impian Anda.
Tags: ,